Berhemat


   Ada beberapa ide bwt ngelakuin penghematan pake cara yang sederhana & gampang dilakukan tanpa harus menjadi pelit. Dan berikut adalah beberapa tips untuk melakukan penghematan. 

1. Bawa air minum

   Membeli air minum dalam kemasan ga cuma nambah sampah plastik tapi juga memboroskan uang. Coba kalian bayangkan, jika dalam sehari kalian membeli sebotol air minum dengan harga Rp 3000, dalam sebulan kalian bisa menghabiskan uang sebesar Rp 90.000. Sebagai gantinya, belilah botol minum sendiri yang bisa diisi ulang.

2. Membawa daftar belanjaan

   Buatlah daftar belanjaan sebelum pergi berbelanja ke toko. Pastikan daftar belanjaan kalian cuma berisikan barang-barang yang emang kalian butuhkan. Cuma barang yang masuk daftar lah yang boleh dibeli, lainnya tidak. ( bukannya ngelarang yaa, tapi kan ini cara bwt nge hemat🙂 )

3. Lebih sering berjalan kaki

   Cobalah berjalan kaki jika tujuan kalian cukup dekat. Kurangi ketergantungan terhadap kendaraan pribadi dan gunakanlah kendaraan umum. Hmm atau kalian juga bisa nebeng ke temen jika arah kalian searah.

4. Manfaatkan perpustakaan

   Kalian tidak perlu sering-sering membeli buku baru. Pergilah ke perpustakaan untuk mencari buku yang diperlukan.

5. Kurangi makan di luar

   Usahakan memasak dan membawa bekal makan siang untuk di kantor / di kampus / juga di sekolah. Membawa bekal sendiri akan lebih menghemat banyak biaya dibandingkan dengan selalu membeli makan di luar.

6. Membuat kopi sendiri

   Daripada beli kopi yang harganya mahal di kafe-kafe, lebih baik minum kopi buatan sendiri (bagi yang suka minum kopi tentunya). Kan sedikit-sedikit mengirit lama-lama juga jadi bukit.

7. Kurangi ke mal

   Jalan-jalan ke mal bisa mendatangkan banyak godaan untuk membeli barang secara berlebihan. Mangkanya itu, lebih baik menghabiskan waktu libur kalian dengan piknik bersama keluarga ke taman atau ke museum untuk melakukan hal yang lebih bermanfaat lagi.

8. Manfaatkan kartu diskon

   Beberapa toko menawarkan diskon bagi pelanggannya yang punya kartu anggota. Manfaatkan lah hal ini dengan sebaik mungkin.

9. Daur ulang

   Kreatif dong, ada banyak ide yang bisa kita lakuin bwt ngedaur ulang barang yang udah nggak terpakai lagi.

10. No smoking

   tidak merokok ! selain bisa menghemat uang, kalian juga bisa terbebas dari berbagai penyakit, menurut ane ya gan, merokok itu cuma hanya menghambur-hamburkan uang dan tentunya bisa mendatangkan penyakit kepada penggunanya.

Apakah kalian punya ide lain?

Categories: Tips | Tags: , , | 19 Komentar

Navigasi pos

19 thoughts on “Berhemat

  1. Ray

    Terlalu banyak pusing ngerjainnya

    • agam trueblue

      ngapain pusing, tinggal kerjain 1 per 1, kan gampang

  2. icha

    hemm oke juga caranya tapi yg nulis nigkutin caranya sendiri ngga nih ?

    • agam trueblue

      pastinya, hmm, walaupun ane belum ngelakuin semua cara yg di atas, tapi ane tetep akan ngelakuin 1 per 1 cara yg di atas supaya ane lebih hemat😀

  3. icha

    haha iya iya aja deh tapi yakin ngga yakin w kalau u bisa hemat .. 😀

    • agam trueblue

      jiah, maksudnya apa tuh yakin ngga yakin ? wakakakakaka -__-

  4. icha

    haha ya ngga yakin aja kalau u bisa hemat kan jarang2 ada co hemat wkaka..

    • agam trueblue

      wah, jangan salah, stok co hemat ky ane cuma ada dikit di dunia, hahahaha

  5. leah alifahni

    jah.. bisa hemat emang kak..?? wkwkw #brcnda

  6. kayaknya perlu di terapin nih

  7. Hahaha…
    Makasi tipsny

  8. kely

    huaaaaaaaaaaaaaah
    bacanya ngantuk.

  9. Ping-balik: Peristiwa 14 September 2011 « agamtrueblue's blog

  10. Hemat air, hemat sabun, dengan mandi sekali dalam sehari. Hehehe

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: