Menjadi Guru itu Tidak Mudah


Jumat ( 20-1-12 ) pelajaran ke 3 yaitu Kewirausahaan, beberapa murid di tunjuk sama guru Kewirausahaan bwt ngerasain gimana rasanya menjadi guru n mengajar di depan kelas slama 1 menit. Pertama-tama guru Kewirausahaan ngasih waktu 1 menit bwt baca tentang Ciri-Ciri Orang yang Berjiwa Wirausaha. Setelah 1 menit berlalu guru Kewirausahaan menunjuk 1 per 1 murid yang ada di kelas.

Reyhan dapet giliran pertama, disusul sama Ilham Kurnia, Adrian, Herza, Machzini, Wibie kemudian danistia tapi ga jadi karna guru Kewirausaahan menunjuk Rank 1 yaitu Anis. Pas bagian Anis yang maju bwt jadi guru / tutor sebaya dalam 1 menit ane ngomong di dalem hati ky gini ” aduh, pasti kalo Rank 1 kena Rank 2 juga ikutan kena dah ujung-ujungnya “. Knapa ane ngomong gt di dalem hati karna ane Rank 2 sodara-sodara🙂 alhamdulillah yah.

Eh ternyata bener apa yang terjadi  pas Anis ( Rank 1 ) udah maju n kembali ke tempat duduknya guru Kewirausahaan ngomong ky gini

Guru Kewirausahaan : ” Siapa rank 2 ? “

Ane : ” angkat setengah tangan “

Guru Kewirausahaan : ” maju ! “

Ane : maju kedepan ( grogi, ga percaya diri, degdegan, bingung campur jadi 1 ! ) 

Pas di depan kelas ane bingung mw ngejelasin apa ke temen-temen, blablablabla sambil muter-muterin spidol pake tangan kanan yang di kasih sama guru Kewirausahaan n celingak-celinguk kesana kesini😐

Memang menjadi guru itu tidak mudah. Itu lah yang ane rasain selama 1 menit menjadi guru di depan kelas. Menjadi guru itu pekerjaan yang tidak mudah menurut ane, banyak kendala yang ane hadapin pada saat menjadi guru di depan kelas. Menjadi guru itu ga segampang yang ane bahkan kita kira. Jadi kita harus menghormati n menghargai guru jika guru kita lagi nerangin pelajaran di depan kelas.

Experience is The Best Teacher

Categories: Pendidikan | Tags: , | 48 Komentar

Navigasi pos

48 thoughts on “Menjadi Guru itu Tidak Mudah

  1. haha😀 , berarti gue selamet😀

  2. yg enk jd murid y?
    hohhoo

  3. jadi guru yang disenangi murid itulah yang susah

  4. Tina Latief

    Dulu jadi murid suka ngerjain guru,,,
    sekarang watunya dikerjain murid…hehehehe

  5. ngerasain ya, makanya jangan suka ngelawan sama guru ya, susah kan, seorang guru itu harus menguasai materi, trus bisa menyampaikan dengan baik, dan bisa dimengerti, tapi semua itu proses kok, kalau udah sering nanti jadi bisa,😉

    • alhamdulillah sebandel-bandelnya ane ane ga bakal ngelawan guru apa lg ortu🙂 iya susah brow😦 ngomong di hadapan banyak orang. Betul, okedeh😀

  6. met kenal, aku juga guru loh. guru di PAUD

  7. Bener banget sob, jadi guru itu berat, apalagi tanggung jawabnya juga gede…

  8. bukannya jadi guru tu mudah, tinggal cuap-cuap doang terus ngasih tugas selese deh…..
    tu kaya dosenku sekarang. . … tpi nguasai materi tentunya. . . . . hehehe

  9. sakura suri

    jangankan jadi guru,
    kalo sy disuruh presentasi di depan kelas aja masih suka gemeteran.
    hehehe.
    tapi semakin sering kita presentasi, malah semakin terbiasa lhooo akhirnya…

    • 😀 hahahaha sama dong kita, malahan sebelum presentasinya ane udah gemeteran:mrgreen:
      betul, makanya sering2 presentasi biar ga gemeteran lg🙂 hehehe

  10. betul sekali,,
    itulah kenapa guru dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. karena jasa beliau yang tidak grogi di depan muridnya😀

    saya sndiri pernah menjadi “guru” di smk dulu..
    saya sendiri sering rank.3 jadi waktu itu saya di tunjuk untuk menjadi guru di antara teman kami (1 hari loh bukan 1 menit), so ya,, awallnya baguss,, muluss,, tapi endingnya gag seperti diharapkan..
    gagal deh jadi guru😀

    • betul, n guru jg ga kenal lelah bwt ngajar kita biar kita bisa n pinter

      wew 1 hari (-_-) 1 menit aja ane ga bisa apa lg 1 hari😕 tetap semangat aja bro🙂
      sehabis gagal terbitlah sukses😀

  11. saya mah kalo disuruh ngajar mau-mau aja asal muridnya semuanya batu.. (loh??):mrgreen:
    btw, saya juga lagi belajar jadi guru dan kebetulan berkutat di situ🙂 keep fighting bro!

  12. Apalagi jaman sekarang, jadi guru kudu jadi superman … anak-anaknya udah pada modern, lebih susah diajarinnya haha😀

    Sukses selalu yaaa😀
    P.S. Izin tempel link-nya di blogku😀

  13. sebenernya bukan cuma guru yang harus didengerin. Setiap orang yang lagi ngomong ke kita harusnya didengerin. Dihargain. Ya gak ? hmmm. Salam kenal🙂

  14. Aku juga merindukan untuk menjadi seorang guru meski aku tidak mengambil jurusan keguruan.

  15. padahal menjadi guru itu mudah loh mas, yang susah itu mendidik muridnya…

  16. Menajdi guru memang gak enak, banyak orang menghindar jadi guru, dan jadi guru adalah pilihan terakhir untuk sebagian, tapi saya salut untuk orang2 yang memang bertekad untuk menjadi guru dengan niat ikhlas..

    Salam sejahtera untuk Guru.. Semoga gajimu sepantas keringatmu..🙂

    • tanpa guru kita gakkan bisa naik kelas🙂 kita naik kelas karna guru yg mengajar kita. kita harus berterima kasih sm guru kita karna udah mw ngajar kita dgn ikhlas sampe pendidikan yg paling tinggi

  17. memang tidak mudah, akan tetapi itu merupakan pekerjaan yang mulia, jika dibarengi dengan keikhlasan maka pahala akan terus mengalir. Karena ilmu yg bermanfaat adalah ilmu yg diamalkan.

  18. eh jangan salah bang, jadi guru itu asyik lho, apalagi muridnya anak-anak esde yang masih belia, jujur, imut2, dan periang. << kata orang (yg belum pernah jadi guru) sich gitu

    Kalau saya yang sudah ngerasain jadi guru, behhhh. keliatannya enak, tapi itu anak orang woy, salah didik bisa pula ditimpuk bapaknya pake bata. Selain itu, tugas administratif yang seambreg juga membutuhkan pemikiran ha ha ha dan parahnya lagi kalau sudah deket ujian akhir tuh, pada waswas dah, padahal si muridnya kadang ada yang nyantai, ada yang kalem aja ya🙂

    bagi yang masih dibangku sekolah, perlu diinget nich, guru itu berjasa banget bagi hidup kita, coba bayangkan dan rasakan bang Agam tuliskan di atas, so jangan sampai membuat guru kalian menangis karena ulah sembrono kalian. Mari kita buat bangga guru-guru kita😉

    (waduh busyet, komen saya panjang gini ya? maaf bang Agam, kebiasaan kalo blogwalking and postingnya sesuai dengan harapan jadi gini. Sekali lagi maaf ya bang #peace )

    • pendapat orang kan berbeda2 bro🙂 ada yg bilang jadi guru itu asik n ada jg yg sebaliknya. belia, jujur, imut2 n periang mah ane banget:mrgreen:😛

      ayo kita bwt bangga guru2 yg telah mengajar n mendidik kita😀

      iya gpp ane maapin ko🙂 lagian ane malah seneng kalo ada koment panjang ky gini😉

  19. guru = digugu lan ditiru itu kata orang jawa. memang berat pekerjaan guru & hrs menjadi teladan bagi muridnya…

  20. arman budiman

    susah jadi guru , pada nggak mau nurut juga😦

  21. Hi Agam … enjoyed this post a lot… because its on teachers and also about the thoughts on entrepreneurs …I am glad the translate button helped me to read …

    the comments by your readers make good reading and learning .. yes you are right teachers must have patience its very important … and I feel teachers must also be good learners and above all teachers must always SMILE🙂

    cheers and best regards!

  22. willyrafli

    kalo menurut gua mah si tergantung dari mata pelajarannya,kalo jd guru IT sihh yaa insya Allah bisa haha😀

  23. willyrafli

    naahh itu tua -,-

Tinggalkan Komentar

Blog di WordPress.com.

